Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Aturan Sewa Mobil Jakarta

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Aturan Sewa Mobil Jakarta

April 30, 2021 Off By Alvaro Rentcar

Liburan adalah salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu, terlebih setelah jenuh dan penat dengan berbagai aktivitas dan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran. Bagi sebagian orang Jakarta yang tidak ingin repot untuk mengemudikan kendaraan sendiri, rental mobil adalah pilihan tepat. Sebelum melakukan sewa mobil Jakarta, sebaiknya simak tips dan aturan secara umum berikut ini.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Mobil

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Aturan Sewa Mobil Jakarta

1. Ketahui Apa Kebutuhan Anda

Ketika menyewa mobil, maka anda harus mengetahui apa kebutuhan anda dengan mobil tersebut. Namun sebelum itu, pastikan bahwa tempat sewa mobil yang anda pilih sudah terpercaya dan memiliki kinerja baik. Jangan asal pilih tempat karena bisa merugikan anda sendiri. Anda bisa menanyakan kepada rekan atau kerabat yang pernah menyewa mobil.

Kemudian, anda perlu mengetahui apa tujuan dari menyewa mobil. Tujuan dan kebutuhan anda akan menentukan hal lain yang akan mendukung perjalanan anda, misalnya mobil apa yang akan digunakan. Hal ini harus anda perhatikan karena juga akan menentukan apakah anda memerlukan supir sewaan atau tidak.

Di dalam dunia perentalan mobil, anda dapat memilih untuk menggunakan supir atau tidak yang sering disebut dengan lepas kunci. Kedua pilihan ini juga memiliki biaya yang berbeda. Jika anda menggunakan fasilitas supir tambahan, maka tentunya anda juga akan dikenakan biaya tambahan untuk membayar si sopir.

2. Pilih Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah menentukan tujuan menyewa mobil di sewa mobil Jakarta, anda harus memilih mobil yang tepat dan sesuai dengan tujuan anda. Sesuaikan juga dengan jumlah penumpang yang akan masuk ke dalam mobil. Jika anda hanya perlu bepergian dengan beberapa orang saja, maka bisa memilih mobil yang kecil.

Namun, jika perlu untuk membawa banyak orang, misalkan ketika liburan, maka anda perlu mobil yang cukup besar dan luas, terlebih jika membawa banyak barang bawaan. Biasanya, tarif yang dibebankan untuk sewa mobil salah satunya tergantung kepada berapa muat penumpang dari mobil yang dipesan.

3. Tanyakan Tarif Sewa

Informasi terkait dengan tarif yang harus anda bayarkan sebaiknya dilakukan di awal sebelum anda memutuskan untuk menyewa mobil. Sebab, tarif dari sewa mobil tentunya berbeda-beda dan tergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah lokasi dari tempat rental mobil. Biaya sewa di kota besar seperti Jakarta biasanya lebih mahal daripada kota kecil lainnya.

Jika anda menanyakan tarif di awal, maka anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan mana yang lebih baik untuk dipilih dan sesuai dengan budget anda. Jangan sampai anda memilih mobil dengan tarif yang tinggi, kemudian menjadikan liburan anda tidak nyaman karena tarif sewa yang mahal.

4. Tanyakan Kondisi Mobil dan Kesediaan Asuransi

Kondisi mobil adalah hal penting yang harus anda perhatikan dalam sewa mobil Jakarta. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan baik dan prima, sehingga akan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Mobil dengan kondisi yang baik akan membuat perjalanan anda lebih aman dan nyaman. Selain itu, perjalanan anda juga bisa lebih cepat karena tidak perlu mengalami kendala.

Anda juga bisa menanyakan kepada pihak penyewaan apakah mereka menyediakan asuransi atau tidak. Jika tidak ada, maka artinya kejadian apa pun yang mungkin menimpa anda ketika melakukan perjalanan dengan mobil sewaan tidak akan dikenai biaya asuransi.

5. Pilih Untuk Memakai Sopir atau Tidak

Dalam hal ini, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Apakah anda memerlukan sopir atau anda akan kemudikan sendiri mobilnya. Menyewa mobil dengan fasilitas sopir tentunya akan dikenakan tarif yang lebih tinggi karena anda harus membayar biaya tambahan untuk jasa sopir. Tarif ini pun berbeda-beda, tergantung berapa yang ditetapkan oleh tempat sewa mobil Jakarta.

Ketika anda memilih untuk menggunakan sopir, maka hal ini juga memiliki keuntungan tersendiri bagi anda. Anda tidak perlu lelah untuk mengemudikan mobil, sehingga perjalanan terasa lebih asik dan tidak melelahkan. Selain itu, menggunakan sopir dapat mempercepat perjalanan anda karena biasanya sopir mengetahui jalur alternatif yang lebih cepat untuk ditempuh.

Aturan Secara Umum Untuk Menyewa Mobil

Ada baiknya anda mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk sewa mobil Jakarta sesuai dengan tata cara secara umum. Hal ini harus dipersiapkan dengan baik untuk mencegah hal-hal tidak menyenangkan yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, misalnya harus bolak-balik karena persyaratan yang diminta oleh tempat rental mobil tidak lengkap.

Bagi anda yang menyewa kunci lepas atau tanpa sopir, SIM adalah hal penting yang tidak boleh diremehkan. Menggunakan kendaraan tentunya memiliki peraturan yang harus dipatuhi, seperti Surat Izin Mengemudi dan STNK. Orang yang mengemudikan mobil sewaan harus memiliki SIM karena jika tidak, mobil akan berpeluang terkena tilang dan merugikan pemilik mobil.

Selain SIM, anda juga harus memiliki KTP yang akan dijadikan jaminan oleh pemilik rental mobil selama masa penyewaan. Jika anda tidak memiliki KTP, maka tidak bisa melakukan proses penyewaan mobil. Penggunaan mobil yang melebihi batas sewa juga akan dikenakan denda sesuai besaran yang ditetapkan tempat sewa mobil.

Secara umum, ada aturan wilayah pemakaian kendaraan yang sesuai perjanjian, sehingga anda hanya bisa menggunakan kendaraan tersebut di tempat-tempat yang sudah disepakati dalam perjanjian sewa. Pihak penyewa mobil juga berhak menolak anda jika anda tidak memenuhi kriteria penyewa yang ditetapkan oleh pemilik sewa mobil Jakarta.

Durasi untuk penyewaan mobil dihitung secara penuh dan tidak dapat digunakan di lain hari. Mobil yang disewa juga tidak boleh dipergunakan untuk balapan liar yang tidak resmi dan jika terdapat kerusakan selama masa pemakaian, maka biaya kerugiannya akan dibebankan kepada penyewa mobil, kecuali jika kerusakan tersebut disebabkan oleh perusahaan sewa sendiri.
Biasanya, mobil yang anda sewa beserta sopirnya belum termasuk biaya bahan bakar, sehingga anda harus menyediakan budget untuk pembelian bahan bakar selama penggunaan mobil. Namun, ada pula tempat sewa mobil yang menyediakan paket sewa beserta sopir dan bahan bakarnya, sehingga anda sudah tinggal menumpangi saja.

Perusahaan sewa mobil umumnya memiliki peraturan terkait dengan biaya denda yang harus anda bayarkan jika anda melakukan pembatalan pemesanan sewa. Besaran denda yang dibebankan juga berbeda-beda, tergantung dari ketetapan perusahaan sewa mobil yang anda pilih.

Hal ini juga menjadi penting untuk anda perhatikan supaya anda tidak perlu untuk membayar denda. Untuk itu, lebih baik anda menyusun rancangan tentang mobil yang akan anda sewa dengan baik, sehingga semuanya dapat berjalan lancar dan pastinya menguntungkan bagi anda.

Hal-hal ini harus anda perhatikan dengan baik supaya ketika menyewa mobil anda tidak kebingungan lagi dan merasa pilihan sewa mobil anda mengecewakan. Jika dilakukan dengan baik, maka menyewa mobil memiliki banyak keuntungan yang dapat mempermudah rencana anda, baik itu perjalanan liburan bersama keluarga, urusan pekerjaan, atau hal lainnya.