5 Tempat Rekomendasi Lumpia Semarang

5 Tempat Rekomendasi Lumpia Semarang

Juni 7, 2020 Off By Alvaro Rentcar

5 Tempat Rekomendasi Lumpia Semarang

Kota Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang banyak sekali menghadirkan jajanan kuliner khas. Salah satu jajanan kuliner khas Semarang adalah Lumpia Semarang. Jika anda berlibur ke Semarang, anda harus mencicipi jajanan khas yang satu ini karena jajanan ini rasanya sangat khas. Lumpia merupakan jajanan khas warga Cina, tetapi rasanya dipadukan dengan cita rasa orang Jawa. Berdasarkan sejarah, Lumpia dibuat oleh orang Cina yang menetap di Semarang dan akhirnya menikah dengan penduduk pribumi di Semarang. Akhirnya, dibuatlah jajanan khas tersebut secara turun temurun. Nah, kali ini kita akan membahas 5 Tempat Rekomendasi Lumpia Semarang.

 

Sekilas tentang Lumpia

Apa saja sih bahan-bahan untuk membuat Lumpia? Perlu diketahui, Lumpia merupakan jajanan yang terbuat dari rebung, telur, daging ayam atau udang dibungkus dengan kulit lumpia. Ada dua jenis Lumpia yang dijajakan di Semarang yaitu Lumpia Basah dan Lumpia Kering. Seiring berjalannya waktu, banyak penjual yang mulai memberi varian isi pada Lumpia. Isinya sangat beragam agar pembeli tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Tentu saja penjual memberikan varian isi mulai dari ayam, udang, kepiting, ikan, dan lain-lain. Meskipun yang membuat adalah keturunan Tionghoa, bagi anda yang beragama Islam tidak perlu khawatir karena banyak penjual yang telah memahami bahwa penduduk dan wisatawan di Semarang merupakan muslim sehingga makanan yang dijual pun yang berbahan halal. Demikian sekilas informasi tentang Lumpia, yuk kita simak 5 Tempat Rekomendasi Lumpia Semarang.

 

1. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok merupakan tempat menjual lumpia yang tertua dan terkenal di Semarang dan telah dikelola oleh tiga generasi. Tempat ini juga menjadi salah satu pelopor olahan lumpia khas Semarang. Tempat yang legendaris sekaligus strategis ini ternyata berada di daerah Pecinan tepat di samping Kelenteng Tay Kak Sie. Lumpia Gang Lombok terletak di Gang Lombok No.11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. Rasa Lumpianya sungguh otentik khas perpaduan antara rebung dengan daging udang ditambah saus manisnya yang lengket. Harga yang ditawarkan berkisar di Rp. 15.000 untuk varian goreng dan basah. Tempatnya sangat terasa klasik khas Cina. Rasanya seperti menikmati jajanan tempo doeloe dengan suasana zaman doeloe.

 

2. Loenpia Mbak Lien

5 Tempat Rekomendasi Lumpia Semarang

Loenpia Mbak Lien di Semarang merupakan Lumpia legendaris yang perlu dikunjungi. Tempat Loenpia Mbak Lien sangat mudah dijangkau jika anda melewati Jalan Pemuda. Tempatnya berada di Jalan Pemuda Gang Grajen No 1 Bangunharjo sangat dekat dengan Ratu Paksi. Loenpia Mbak Lien hingga kini telah dikelola oleh generasi keempat dan salah satu ciri khas rasa dari Lumpia ini adalah racikannya. Racikan daging ayam kampung yang dipadukan dengan udang dan rebung membuatnya sangat lezat. Banyak artis Ibu Kota mampir mencicipi rasa Lumpia ini.  Harganya berkisar antara Rp11.000- Rp15.0000 per lumpia.

 

3. Lunpia Cik Me Me

Lunpia Cik Me Me merupakan salah satu ikon lumpia terkenal di Semarang. Lunpia Cik Me Me dibuat oleh generasi kelima dari keturunan Masterchef of Lumpia di Semarang. Untuk soal rasa dan kualitas lumpianya, anda pasti akan terkejut. Coba deh dan rasakan lezat dan gurihnya lumpia buatan Cik Me Me. Lunpia Cik Me Me terletak di Jalan Gajahmada No 107, Semarang. Lokasi tersebut sangat strategis dan berada di kiri jalan.

Uniknya, Lunpia Cik Me Me punya varian rasa yang beraneka macam mulai dari jamur, daging kambing jantan muda, dan ikan kakap. Pengunjung juga bisa menikmati lumpia ini di tempat yang nyaman dan berAC. Harga  yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk satu lumpia harganya berkisar antara Rp11.000- Rp Rp20.000 tinggal pilih varian mana yang ingin anda coba.

 

4. Lumpia Mataram

Jalan Mataram adalah kawasan ruko-ruko yang berjualan aneka macam barang mulai dari dulu hingga sekarang. Kawasan ini terkenal dengan adanya jajanan khas Semarang yaitu Lumpia. Banyak sekali penjual yang menjajakan dagangan Lumpia di jalan ini. Lumpia Mataram adalah yang paling sering terdengar bagi orang di luar Semarang. Lumpia Mataram berdiri sejak 1988 dan rasanya juga enak dan lezat. Untuk harga satu lumpia sendiri dibanderol seharga Rp13.000. Lumpia Mataram ini terletak di Jalan MT Haryono No 533 A.

 

5. Lumpia Pak Sastro

Nah, untuk yang satu ini sangat berbeda. Anehnya lumpia ini dinamakan Lumpia Mataram padahal yang Lumpia Mataram tidak punya cabang. Tempat jualannya pun biasanya di Pandaran dan beberapa supermarket menjual Lumpia Pak Sastro. Selain itu, Lumpia buatan Pak Sastro punya ciri khas sendiri dari ukurannya. Ukuran lumpianya sangat besar, maka tak heran jika hanya makan satu biji perut anda akan kenyang. Satu lumpia Pak Sastro ditawarkan seharga Rp9.000. Hmm, sangat murah bukan, hehe.

 

Agar anda tidak pusing saat traveling di Semarang dan ingin berburu lumpia, anda dapat mencoba jasa Sewa Mobil Semarang. Anda tinggal pesan rental mobil, dan anda akan diantar ke tempat yang anda ingin bersantai plus menikmati kuliner khas Semarang. Momen liburan anda pun tidak terganggu oleh pikiran negatif kesana kemari yang membingungkan. Jadi, keputusan terbaik ada pada diri anda sendiri dalam urusan kenyamanan anda.